Membangun Usaha Warung / Toko Kelontong


Salah satu usaha rumahan yang handal dan tidak lekang oleh waktu adalah usaha membuka warung atau toko kelontong / sembako dirumah. Disamping sebagai usaha sampingan yang menjanjikan, juga merupakan salah satu usaha atau bisnis sampingan yang mudah dimulai.
Berikut tips untuk memulai usaha membuka warung / toko kelontong / sembako di rumah :


  • Gunakan sedikit ruang yang ada dirumah anda (garasi, teras)
  • Gunakan lemari kaca atau etalase secukupnya
  • Papan tulis ukuran kecil atau sedang
  • Setting warung / toko sedemikian rupa sehingga masyarakat bisa mengetahui kalau anda sudah membuka usaha warung / toko
  • Sediakan modal secukupnya, dan usahakan jangan menggunakan modal dari pinjaman
Setelah semua yang diatas tersedia segera membeli barang dagangan yang merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat disekitar, usahakan dalam pembelian barang dagangan selengkap mungkin. Ingat, kita tidak perlu membeli barang dagangan dengan jumlah banyak, sedikit-sedikit saja namun lengkap.
Dan yang terakhir adalah menentukan harga jual, sebaiknya item-item tertentu anda menjual dengan harga dibawah pasaran warung / toko yang ada disekita anda. Hal ini merupakan salah satu promosi untuk mengkait pelanggan. Salah satu contoh yang bisa anda jual dengan harga murah / dibawah pasar adalah barang jenis sembako, misal gula, anda cukup memberikan selisih harga antara 200 - 500 rupiah, namun apabila memungkinkan berikan harga yang lebih murah. Disini anda dalam mengambil keuntungan cukup dikisaran 5 % saja, karena pada umumnya sebuah warung / toko rumahan akan mengambil untung dikisaran 10-20%.
Demikian sedikit tips untuk membuka usaha sampingan dirumah membangun usaha warung / toko selontong.
Apabila ada yang perlu dikomunikasikan silahkan posting pertanyaan anda di  Forum Tanya Jawab
Semoga bermanfaat.
 

Hot Topic

Ads 200x200

Ads 200x200